Gejala Sakit Amandel

Gejala Sakit Amandel – Radang amandel adalah infeksi pada tenggorok yang menyebabkan pembengkakan (inflamasi) amandel. Penyebab radang amandel adalah virus dan bakteri. Seringkali merupakan kelanjutan dari pilek. Pilek dapat menyebar dari pasien ke orang lain pada saat ia batuk dan bersin. Cairan infeksi dari hidung dan tenggorok akan menyebar ke orang lain. Selain itu, faktor daya tahan tubuh pasien, lingkungan, dan makanan turut berperan dalam munculnya radang amandel.

Gejala Sakit Amandel

Gejala Sakit Amandel

RADANG AMANDEL

Bila radang amandel ini hanya datang 1—2 kali dalam setahun, pada anak berusia 4—9 tahun adalah normal. Setelah terjadi radang amandel, amandel bisa benar-benar sembuh atau bisa juga tidak dapat kembali sehat seperti semula. Penyembuhan yang tidak sempurna akan menyebabkan peradangan ringan pada amandel. Apabila keadaan ini terjadi berulang kali, kuman yang jahat akan bersarang di dalam amandel dan terjadi peradangan menahun. Fungsi pertahanan amandel yang tadinya bagus, akan berkurang bahkan hilang. Inilah salah satu alasan kenapa amandel dengan kondisi tersebut sebaiknya dioperasi atau dibuang.

Alasan lain, bila ukuran amandel sudah terlalu besar dan menutup jalan napas, akan menyebabkan gangguan jalan napas terutama saat tidur yang ditandai dengan mendengkur. Pada kondisi yang parah, napas bisa berhenti saat tidur. Bila kualitas tidur buruk, pasokan oksigen ke otak pun menjadi buruk sehingga anak sering mengantuk.

GEJALA AMANDEL

Gejala Sakit Amandel

  • Terasa kering atau rasa mengganjal di tenggorokan (leher)
  • Nyeri saat menelan (menelan ludah, makanan dan minuman) sehingga malas makan
  • Nyeri dapat menjalar ke sekitar leher dan telinga
  • Demam
  • Sakit kepala
  • Kadang menggigil
  • Lemas
  • Nyeri sendi

Kadang juga disertai dengan Gejala Sakit Amandel:

  • Batuk
  • Pilek
  • Suara serak
  • Mulut berbau
  • Mual
  • Kadang nyeri perut
  • Pembesaran kelenjar getah bening (kelenjar limfe) disekitar leher

Gejala sakit amandel yang sedang meradang bisa dilihat dengan cara saat sedang membuka mulut maka amandel akan terlihat membesar, warna kemerahan yang berubah pada amandel, dan biasanya akan terdapat bercak warna putih dibagian permukaan amandel, dan pembesaran yang terjadi di kelenjar leher biasanya akan menyebabkan suara menjadi serak, susah menelan dan akan disertai dengan demam, sakit tenggorokan yang akan menjadi semakin parah jika tidak segera diobati.

Sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter jika gejala sakit amandel kambuh dan meradang karena jika tidak disembuhkan dengan cepat maka sakit amandel ini akan menjadi semakin parah dan akan menyebabkan terjadinya komplikasi menuju ke jaringan organ yang lainnya dan bisa membahayakan untuk penderitanya.

CARA MENCEGAH GEJALA AMANDEL PADA ANAK

Gejala amandel sebaiknya diobati dan kalau bisa dicegah. Penyakit amandel biasanya lebih sering menyerang anak-anak yang duduk di bangku sekolah. Cara mencegah gejala amandel pada anak-anak adalah dengan mencuci tangan sebelum makan atau minum. Cara mencuci tangan yang benar adalah :

  1. Basahi terlebih dahulu tangan Anda menggunakan air hangat yang mengalir dan setelah itu gunakanlah sabun cair atau juga sabun batangan yang masih bersih. Gosoklah sampai tangan Anda berbusa.
  2. Menggosok tangan dengan kuat selama kurang lebih 15 -20 detik. Ajarilah anak-anak Anda untuk mencuci tangan sambil menyanyikan lagu-lagu cilik.
  3. Gosoklah permukaan tangan sampai ke bagian belakang tangan, pergelangan tangan dan diantara jari-jajri yang ada di bawah kuku jari Anda.
  4. Kemudian bilaslah sampai bersih
  5. Setelah itu keringkanlah tangan Anda dengan menggunakan handuk yang bersih
  6. Gunakanlah handuk tadi untuk membantu mematikan keran air.

Cara mencegah gejala amandel lainnya adalah dengan cara dibawah ini :

  1. Saat sedang bersin atau sedang batuk maka gunakanlah tisu atau juga lengan anda.
  2. Jangan gunakan alat makan yang sama dengan orang lain
  3. Hindarilah berdekatan dengan orang yang sedang sakit
  4. Hindarilah merokok atau juga hal lainnya yang bisa menyebabkan kerongkongan mengalami iritasi
  5. Minum air putih yang banyak 10 gelas dalam sehari
  6. Pilihlah jenis makanan yang teksturnya lembut untuk bisa dimakan seperti es krim bubur
  7. Minumlah air seperti jus buah yang mengandung kalori seperti jus buah, milkshake, dan juga sup
  8. Sebaiknya carilah tempat penitipan anak yang bisa membantu mempraktekan kebijakan mengenai kebersihan dan mintalah anak-anak Anda agar tetap berada dalam rumah saat sedang sakit.

Cara mengobati radang amandel dengan cara alami juga bisa dilakukan menggunakan bahan sebatang kunyit. Cara membuat ramuan ini adalah ambillah sebatang kunyit, kupaslah kunyit tadi, kemudian cuci kunyit sampai bersih, setelah itu parutlah kunyit tadi, berikan sedikit air yang matang, peras kunyit, dan campurkan dengan menggunakan air jeruk nipis atau juga dengan madu asli. Minumlah ramuan ini setiap hari sampai radang amandel menghilang.

Itulah informasi mengenai radang amandel dan cara mengobatinya. Semoga bermanfaat untuk Anda semua.

Gejala Sakit Amandel


=====================================

>>> Lamandel 100% Bahan Alami Membantu Mengatasi Radang Amandel, Radang Tenggorokan, Sakit Tenggorokan, Batuk Pilek, Memperbaiki Nafsu Makan dan Meningkatkan Daya Tahan Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================

This entry was posted in Gejala Amandel and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *