Gejala Penyakit Amandel

Gejala Penyakit AmandelRadang amandel atau dalam bahasa medisnya di sebut tonsilitis merupakan infeksi atau peradangan pada amandel sehingga amandel menjadi bengkak, merah, melunak, dan memiliki bintik-bintik putih pada permukaanya yang kadang-kadang mengakibatkan sakit tenggorokan dan demam. Pembengkakan amandel bisa di sebabkan oleh virus maupun bakteri.

Gejala Penyakit Amandel

Gejala Penyakit Amandel

JENIS RADANG AMANDEL

Ada 3 jenis radang amandel, yaitu :

  • Radang Amandel Akut
  • Radang Amandel Membranosa
  • Radang Amandel Kronis

GEJALA AMANDEL

Gejala Penyakit Amandel

Gejala penyakit amandel cukup mudah dikenali, yaitu adanya 5 tanda yaitu :

1. Kalor

Adanya peningkatan suhu tubuh (demam) karena tubuh mendeteksi adanya zat asing dalam tubuh

2. Dolor

Rasa sakit pada organ

3. Rubor

Warna organ menjadi kemerahan, gelap atau terang

4. Tumor

Terdapat pembesaran organ

5. Fungsiolasea

Organ tidak dapat berfungsi sesui dengan perannya

Secara sederhana Gejala Penyakit Amandel ini dapat meliputi :

  • Sakit tenggorokan
  • Sulit atau sakit saat menela
  • Sakit kepala
  • Demam dan kedinginan
  • Pembesaran, pembengkakan kelenjar (kelenjar getah bening) disekitar rahang dan leher.
  • Kehilangan suara

PENYEBAB RADANG AMANDEL

Untuk masyarakat umum, penyakit amandel merupakan salah satu jenis penyakit yang ditandai dengan peradangan dibagian amandel. Pembengkakan yang terjadi akibat peradangan inilah yang membuat penderitanya merasakan ketidaknyamanan saat akan menelan sesuatu dan juga saat sedang makan. Penyakit radang amandel diakibatkan karena infeksi virus dan juga serangan infeksi bakteri. Dan umumnya, virus yang biasanya menyerang amandel adalah virus Coxsackie dan Epstein-Barr. Adapun bakteri yang biasanya masih sering menyerang adalah Streptokokus A. Bakteri jenis inilah yang menjadi salah satu pemicu atau faktor utama dari sakit amandel. Penyakit amandel memang bisa menginfeksi semua usia, namun biasanya penyakit amandel ini lebih menyerang mereka yang berusia sekitar 3-7 tahun.

CIRI-CIRI AMANDEL

Gejala amandel yang umum terjadi adalah :

  1. Lesu
    Biasanya penderita akan merasakan tidak bergairah dan malas-malasan saat setiap bangun pagi. Rasa tidak semangat untuk mandi dan tidak ingin mempersiapkan perlengkapan sekolah. Selain gejala amandel yang ditandai dengan lesu, biasanya anak akan mengalami kesulitan untuk berkonsentrasi. Hal inilah yang membuat prestasi anak menurun.
  2. Nafsu makan hilang
    Jika anak Anda tidak nafsu makan atau tidak menghabiskan makanannya dengan frekuensi yang sering namun tidak diketahui jelas apa penyebabnya walaupun Anda sudah memasak masakan kesukaannya. Maka sebaiknya lakukan pemeriksaan atau Anda bisa memberikan suplemen untuk menambah nafsu makan agar anak tidak mudah terserang berbagai serangan penyakit.
  3. Susah menelan makanan
    Saat anak Anda mengeluhkan susahnya menelan makanan karena rasa nyeri ditenggorokan akibat makanan yang dikunyah menyentuh dinding rongga mulut dekat dengan amandel. Sakit yang terjadi seperti sariawan yang lebar di dalam mulut.
  4. Leher terasa sakit
    Biasanya gejala amandel yang terjadi adalah rasa sakit dibagian leher jika ditekan. Leher dibagian atas, dan tepatnya adalah dibawah rahang, jika ditekan maka biasanya akan terasa sakit.
  5. Panas dalam
    Panas dalam merupakan salah satu gejala amandel yang terjadi pada anak. Hal ini disebabkan karena kurangnya asupan sayuran dan juga kurang asupan buah-buahan yang mengandung serat sehingga mengalami keausan di dalam sistem pencernaan.
  6. Demam dan sakit kepala
    Gejala amandel lainnya adalah sakit kepala dan demam. Demam dengan suhu yang tinggi adalah salah satu gejala amandel yang sifatnya akut. Solusi yang paling mudah adalah berikan anak Anda obat penurun demam. Dan disarankan untuk mencukupi kebutuhan air di dalam tubuh mereka. Namun, jika panas tidak turun juga, maka lakukan pemeriksaan ke dokter.

Jika penyebab amandel tidak bisa dicegah dan tidak bisa dihindari dan gejala amandel terjadi pada anak Anda atau pada diri Anda sendiri, hal yang harus dilakukan pertama kali adalah dengan melakukan konsultasi pada dokter. Sebaiknya jangan menunda lakukan pemeriksaan ke dokter, karena dikhawatirkan bahwa amandel akan berubah menjadi kronis. Dan jika penyakit amandel ini sudah berubah menjadi kronis, maka amandel lama kelamaan akan mengalami pembesaran dan sangat mengganggu proses keluar masuknya aliran udara dari hidung menuju ke kerongkongan.

OPERASI AMANDEL

Penyakit radang amandel kronis biasanya akan menimbulkan rasa sakit yang sangat hebat, bahkan untuk kasus parah bisa membuat keluarnya nanah. Amandel bisa dikatakan sebagai penyakit kronis jika mengalami pembesaran, warnanya akan berubah menjadi semakin merah, lunak saat disentuh, dan mempunyai tekstur yang berbintik putih kekuningan. Sebenarnya hanya penyakit amandel kronis seperti ini yang sudah harus diangkat lewat operasi. Namun, biaya operasi dari amandel ini tidak murah.

Pengangkatan amandel yang dilakukan jika sakit amandel kambuh atau terjadi 7 kali dalam setahun, 5 kali dalam 2 tahun dan 3 kali dalam 3 tahun. Selain itu, amandel juga harus diangkat jika antibiotik terlihat tidak memberikan suatu pengaruh apa-apa dan juga gejala amandel masih saja muncul.

Gejala Penyakit Amandel


=====================================

>>> Lamandel 100% Bahan Alami Membantu Mengatasi Radang Amandel, Radang Tenggorokan, Sakit Tenggorokan, Batuk Pilek, Memperbaiki Nafsu Makan dan Meningkatkan Daya Tahan Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================

This entry was posted in Gejala Amandel and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>